7 Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula dari Nol Sampai Sukses

Hosting Unlimited Indonesia

Bagaimana sih cara memulai bisnis online itu?

Mungkin itulah pertanyaan yang sering muncul di pikiran teman-teman yang masih baru mulai mengenal dunia online dan bisnis.

Jika kamu salah satu orang yang memiliki pertanyaan seperti itu juga, maka sebaiknya anda mulai membaca tulisan ini secara cermat dari awal sampai akhir.

Di halaman blog ini, kita akan coba jelaskan 7 Cara dan langkah bagaimana memulai bisnis online dari nol dan mengembangkannya hingga menjadi sebuah bisnis yang sukses.

cara memulai bisnis online

Sebelum kamu memulai untuk terjun dalam bisnis online, sebaiknya perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa bisnis online itu sama saja dengan bisnis pada umumnya.

Sedikit perbedaannya adalah pada faktor fisik sarananya yang memungkinkan bisnis dapat berkembang jauh lebih cepat karena faktor jaringan internet yang tidak mengenal batas ruang dan waktu.

Sedangkan pada faktor non-fisiknya, yang berkaitan dengan sumber daya manusianya, maka sama saja. Untuk dapat sukses berbisnis online tetap diperlukan jiwa wirausaha.

Sifat dan kepribadian seperti ketekunan, pantang menyerah, selalu belajar, rendah hati, tidak mudah puas, tetaplah diperlukan dalam bisnis ini.

Baca juga: 4 kepribadian yang harus dimiliki Jika Ingin Sukses Berbisnis

Jadi modal awal dalam memulai bisnis online tetaplah sama yaitu memiliki jiwa kewirausahaan. Setelah Anda menyiapkan mindset wirausaha tersebut, barulah selanjutnya kita mulai untuk menjalankan 7 cara memulai bisnis online untuk pemula ini.

1. Membuat Blog Yang Banyak Pengunjung

Untuk pemula yang tidak memiliki modal uang, maka cara termudah untuk mulai berbisnis online adalah dengan membuat blog dan membuatnya memiliki banyak pengunjung yang membaca kontennya.

Namun tantangannya adalah kamu harus bisa menulis sebuah konten yang bakal disukai oleh banyak orang.
cara memuali bisnis online dengan blog

Untuk itu, bagi kamu yang belum terbiasa menulis, mulailah untuk banyak membaca dan mencoba untuk menuangkan ide-ide yang ada di kepala kamu dalam bentuk tulisan.

Mungkin awalnya memang sulit, namun setelah terbiasa akan mudah dan mengalir begitu saja.

Supaya blog kamu memiliki banyak pengunjung dan lebih profitable maka sebaiknya tema isi blognya satu saja, jangan gado-gado.

Agar mudah memulainya, buatlah tema dari sesuatu yang kamu sukai seperti hobi kamu. Misalnya buat tema tentang Memancing, Memasak, Otomotif, Musik dan lainnya.

Ini nantinya akan mempermudah kamu dalam mengembangkan bisnis online yang hendak kamu besarkan.

Untuk membuat blog dikunjungi banyak orang, maka ilmu yang hendaknya kamu kuasai adalah ilmu SEO (Search Engine Optimation). kamu bisa mempelajarinya sendiri secara otodidak, namun kamu akan membutuhkan waktu lama dan akan banyak trial-error yang harus dilakukan.

Jika kamu ingin lebih cepat dan tidak membuang waktu berhargamu, sebaiknya kamu ikut pelatihan mentoring SEO yang berbayar.

Jika kamu tidak punya modal uang, cobalah untuk menabung. Paksa agar memiliki uang untuk investasi awal kamu dengan belajar SEO dari ahlinya.

2. Menayangkan Iklan di blogmu

Ok. Setelah kamu memiliki sebuah blog yang memiliki banyak pengunjung, dimana setidaknya blog kamu dikunjungi 1000 orang setiap harinya, kini kamu telah memiliki alat untuk menghasilkan uang.

Dengan berbekal blog tersebut, kamu bisa mulai mencari pengiklan. Carilah usaha yang telah memiliki website, yang sesuai dengan tema blogmu.

Jika blogmu tentang memancing maka carilah perusahaan yang menjual produk yang berhubungan dengan hobi memancing dan begitu juga dengan tema lainnya.

Itu adalah cara manual dan mungkin akan sulit untuk dilakukan. Untuk lebih mudah, kamu bisa daftar menjadi publisher adsense (periklanan yang dimiliki oleh google).

Sebelumnya kamu harus mempelajari dahulu tata cara dan aturan sebagai publisher adsense. Carilah informasi bagaimana cara agar mudah diterima oleh google sebagai publishernya.

3. Menjadi Affiliater

Affiliater adalah orang yang menjalankan bisnis affiliasi. Bisnis affiliasi adalah bisnis menjualkan produk orang lain dengan cara menyebarkan link web tertentu.

Jika seseorang melakukan order melalui link yang dipasarkan tersebut maka affiliater akan memperoleh komisi penjualan.

cara bisnis online jadi affiliater

Dengan bergabung menjadi affiliater kamu bisa meletakan link produk affiliasi pada tulisan yang ada pada blog kamu.

Orang yang membaca dan tertarik akan mengklik link dan jika melakukan order lewat link tersebut maka kamu akan mendapatkan komisi.

4. Menjual Keahlian

Selain dengan membuat blog, kamu bisa memulai berbisnis online dengan menjual keahlian yang kamu miliki. Apa keahlian kamu yang paling menonjol?

Keahlian kamu itu bisa kamu tawarkan kepada orang lain melalui situs-situs marketplace produk jasa dan melalui media sosial yang kamu miliki.

Sebelum mulai menawarkan jasa kamu, terlebih dahulu bangun reputasimu di dunia online. Misalnya keahlianmu adalah membuat logo usaha.

Buatlkah terlebih dahulu portofolio hasil karya-karyamu dan pajang di media sosial. Untuk saat tulisan dibuat, sosial media yang paling bagus untuk memperlihatkan karya-karyamu adalah instagram.

cara memulai bisnis online dengan jual keahlian

Buatlah satu akun instagram khusu untuk menjual keahlianmu. Awali dahulu dengan memajang hasil karyamu dan mencari follower tertarget sesuai dengan jasa yang ditawarkan.

Selain itu jika tema blog yang telah kamu buat sebelumnya, juga bertema sama dengan keahlian yang kamu tawarkan, kamu juga langsung bisa menawarkan jasamu kepada audiens blog kamu.

Untuk pemasaran produk lewat blog ini, disarankan kamu belajar tentang Email Marketing.

5. Menjual produk lewat marketplace

Empat cara sebelumnya adalah cara memulai bisnis online murni digital tanpa memiliki barang berbentuk fisik.

Namun jika kamu memiliki sebuah produk yang menarik untuk dijual online, kamu bisa mulai berbisnis jualan online lewat marketplace.

memulai bisnis online lewat marketplace

Untuk memiliki produk untuk dijual di marketplace pun sebenarnya tidak harus benar-benar memiliki dan stok produknya. Hal yang dibutuhkan adalah kamu memiliki suplier produk.

Menariknya dari bisnis online adalah, adanya suplier produk yang menawarkan bisnis dropship.

Dropship adalah menjual barang tanpa harus stok barang dimana barang akan langsung dikirim oleh suplier atas nama penjual.

Ada banyak sekali suplier online yang menawarkan bisnis ini. Silakan kamu cari sendiri yang sesuai dengan kemauanmu.

6. Mulai Membuat Brand/Merek produk Sendiri

Setelah kamu menjalankan bisnis online yang dipaparkan sebelumnya dan telah berjalan dengan baik. Kini kamu telah memiliki penghasilan.

Sebaiknya sebagian penghasilan kamu itu, kamu simpan dan tabung untuk dijadikan modal usaha yang akan digunakan untuk membuat brand produk sendiri.
memulai bisnis online langkah bikin brand

Mulai pikirkanlah sebuah produk yang berkaitan dengan hal-hal yang sangat kamu sukai dan dibutuhkan banyak orang.

Setelah ketemu sebuah produk yang benar-benar sesuai, teruskan langkah dengan membuat Rancangan dan strategi bisnis online yang akan dijalankan. (Pelajari tentang cara membuat plan bisnis menggunakan  Businees Model Canvas)

Kini kamu harus meningkatkan skill sebagai seorang wirasuhawan sejati yang siap untuk memimpin sebuah perusahaan besar dengan ribuan karyawan. Siapkan skill dan mental kamu.

7. Memasarkan Merek Produk sendiri

Bisa dikatakan bahwa ujung tombak dari sebuah bisnis adalah pemasaran. Lewat pemasaran inilah denyut nadi aliran dana dapat terus mengalir dan menciptakan keuntungan bagi perusahaan.

funneling digital marketing cara memulai bisnis online

Karena, yang kita bahas di sini adalah bisnis online, maka pemasaran yang dilakukan juga pemasaran online. Kamu perlu pelajari dan kuasai Cara dan Strategi Pemasaran online dari para ahli marketing online.

Sangat penting sekali untuk memiliki seorang mentor dalam bisnis sehingga dapat membimbing dan mengarahkan dalam menjalankan bisnis. Carilah mentor bisnis yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu.


Demikianlah penjelasan gambaran umum tentang cara memulai bisnis online dari Nol sampai Sukses - dari seorang pemula menjadi seorang ahli bisnis. Semoga tulisan ini bisa memberi gambaran awal bagi kamu yang ingin terjun dalam dunia bisnis online.


Klik Untuk Komentar