Cara Berjualan di Bukalapak Laris Manis - Untuk Pemula

Hosting Unlimited Indonesia
Berjualan di Bukalapak memang memiliki potensi bisnis yang sangat menggiurkan.

Bagaimana tidak, banyak dikabarkan bahwa ada banyak penjual yang beromzet milyaran dengan menjual produknya melalui bukalapak.

Apakah Anda tertarik juga untuk bisa sukses berjualan di bukalapak? Tentu iya dong.

Makanya segera saja untuk menjadi penjual di bukalapak.

Nah buat anda yang masih berlum mengerti bagaimana cara berjualan di bukalapak, berikut ini akan kita jelaskan tata cara untuk menjadi penjual atau di bukalapak diistilahkan dengan pelapak.

Cara Berjualan di Bukalapak Laris Manis - Untuk Pemula

Bagaimana menjadi pelapak di bukalapak? Mari kita ikuti langkah-langkahnya.

1. Hal-Hal Yang Dipersiapkan Untuk Berjualan di Bukalapak

Sebagaimana bisnis lainnya, segalanya harus dipersiapkan untuk menunjang usaha yang hendak dilakukan agar berjalan lancar. Untuk mulai menjadi pelapak, hal-hal yang perlu disiapkan yaitu:

a. Peralatan penunjang

Peralatan yang perlu disiapkan agar jualan di bukalapak dapat berjalan adalah Smartphone beserta nomor hpnya (Sebaiknya beli baru yang dikhususkan untuk bisnis).

Penting untuk memiliki smartphone baik Android atau iOS yang bisa berjalan lancar saat membuka aplikasi Bukalapak. Setidaknya Gunakan smartphone kualitas medium.

Lalu, untuk nomor teleponnya sebaiknya Anda gunakan juga Nomor baru, khusus untuk bisnis kamu. Jangan menggunakan nomor pribadi. Nomor khusus bisnis ini yang akan digunakan untuk pendaftaran sebagai pelapak. 

TIPS: Saat Membeli nomor baru terkadang nomor tersebut pernah dipakai orang lain sebelumnya, sehingga ada kemungkinan nomor tersebut sudah dipakai orang lain untuk mendaftar di bukalapak. Jadi Anda harus membeli nomor baru lainnya.

b. Alamat Email

Untuk melakukan pendaftaran selain memakai nomor HP, juga memerlukan Alamat Email. Untuk Anda yang masih belum begitu tahu apa email, sebaiknya Anda cari informasi bagaimana cara membuat email.

Email ini sangat penting dalam menjalankan bisnis online. Jadi sebaiknya Anda buat email khusus untuk bisnis.

c. Menyiapkan nama toko

Sebelum melakukan registari atau pendaftaran di bukalapak, Anda pikirkan terlebih dahulu nama toko apa yang cocok untuk anda daftarkan.

Ada baiknya buat nama yang mudah diingat oleh orang, sehingga nantinya dapat mudah dikenali oleh pelanggan Anda.

d. Menyiapkan manajemen pengiriman Barang

Tidak seperti jualan di toko fisik, Jualan online membutuhkan manajemen pengiriman barang. Anda harus mempersiapkan alur kerja saat ada pesanan.

Anda perlu mempersiapkan cara packing barang yang sesuai dengan produk yang dijual. Perlu anda cari tahu, apakah barang yang Anda jual dapat dikirim lewat kurir pengiriman yang ada.

Tidak semua barang bisa dikirim lewat kurir seperti JNE, Pos Indonesia, J&T, Wahana dan lainnya.

2. Melakukan Registrasi sebagai Pelapak di Bukalapak

Setelah Anda mempersiapkan berbagai kebutuhan yang telah disebutkan di atas, kini Anda tinggal mendaftarkan diri Anda sebagai Pelapak.
cara pendaftaran di bukalapak


  1. Cara pendaftaran paling mudah lewat Hp android Anda. Tentunya sebelumnya anda harus sudah menginstalasi aplikasi bukalapak di HP android atau iOS yang akan Anda gunakan dalam berjualan.Jika Belum, Silahkan buka playstore dan cari aplikasi Bukalapak dan lakukan instalasi. Setelah Terinstal buka aplikasi ➡ Lalu Klik Gambar Ikon Kepala/Orang di bagian pojok bawak kanan - Tap tombol tersebut.
  2. Akan masuk halaman lain: Klik Tombol [Daftar Akun] ➡ Lalu masuk halaman pendaftaran.
  3. Masukan informasi yang dibutuhkan meliputi:Nama Lengkap | Email/Nomor Handphone | Laki/Perempuan | Username (ini nama toko Anda) | Password. 
  4. Setelah semua terisi, tinggal Klik tombol [Daftar]. Anda telah mendaftar sebagai pelapak.
  5. Selanjutnya Buka Kembali Ikon Kepala Orang - Dibagian Atas Akan terlihat Tombol warna kuning dua yaitu tombol Verifikasi Email dan Nomor Handphone. Lakukan Verifikasi keduanya dan ikuti langkahnya sesuai petunjuknya. Selesai!
daftar bukalapak harus verifikasi dahulu

Verifikasi harus dilakukan agar Anda bisa mulai menjual produk.

Kini Anda bisa Mulai Berjualan di Bukalapak dengan melengkapi Informasi lainnya seperti:


  • Edit Profile(Tambah Foto dan Gambar Cover Toko)
  • Alamat (Bisa menambah alamat banyak, namun pastikan alamat utama adalah alamat pengiriman)
  • Rekening Bank (Sebagai bank untuk menerima uang hasil penjualan Anda).

3. Mengupload Barang Yang Dijual

Selesai melakukan Registrasi, Sekarang Anda bisa mulai mengupload barang yang Anda jual.

Siapkan terlebih dahulu foto produk yang menarik untuk dilihat dan menarik minat orang untuk membelinya. Pastikan hasil foto jelas, terlihat rapi dan bersih.

Sediakan beberapa foto produk misalnya tampak dari depan, belakang, samping, atas dan Bawah. Foto bagian detail barang yang mungkin menjadi kelebihan dari produk.

jualan di bukalapak bikin foto produk bagus

Jika memungkinkan, Rekam produk dalam bentuk video yang menarik sehingga akan lebih jelas informasi produknya untuk calon pembeli.

Video produk ini, nantinya akan diupload di youtube lalu di embed di bagian katalog produk.

Siapkan Juga Judul Produk dan Deskripsi nya yang akan membuat pembeli menjadi yakin untuk membeli.

Kasih judul produk yang padat dan jelas yang menggambarkan barang yang dijual. Judul produk sangat penting. Harus benar-benar dioptimalkan.

Siapkan sebuah tulisan deskripsi yang meluputi spesifikasi produk dan kondisinya. 
Untuk Tekniknya agar benar-benar maksimal Anda bisa menerapkan ilmu Copywriting.

Untuk Mengupload produk: Buka Aplikasi Bukalapak ➡ Klik Tombol Kepada➡ Klik Tombol [Jual Barang]. Isi semua data yang diminta. 


4. Memasarkan Produk Agar Segera Terjual

Bukalapak adalah marketplace atau pasar online yang menampung begitu banyak pedagang online. Sehingga persaingannya sangat ketat.

Produk yang laris akan segera dijual oleh banyak pelapak. Di bukalapak Anda akan bersaing dengan ribuan orang yang menjual produk sejenis bahkan sama persis. 
cara jualan di bukalapak laris manis

Agar Anda bisa lebih mudah menjual produk, maka Anda harus mempelajari sistem dan fitur-fitur yang ada dibukalapak.

Bukalapak memiliki sistem dimana produk yang baru diupload akan muncul di halaman pertama sesuai kategori masing-masing produk.

Namun karena ada ratusan ribu pelapak yang terus mengupload produknya, maka produk-produk yang sejenis atau sama kategorinya dan sama produknya akan muncul di halaman pertama dalam waktu sangat singkat dan digantikan dengan yang baru diupload.

Untuk mengatasi hal ini, maka pelapak harus memakai fitur push. Ada dua jenis fitus Push yaitu paket push dan promoted push. Namun Anda harus membayar agar dapat menggunakan fitur ini.

Paket push membuat barang Anda yang lama akan menjadi seperti barang upload baru tanpa harus upload ulang barang. Biaya per push sekitar lima ratus rupiah.

Promoted Push akan menampilkan barang Anda dibagian atas halaman kategori maupun halaman hasil pencarian. Namun Anda harus bersaing dengan  pelapakan lain untuk memperebutkan slot iklan, sehingga biayanya tergantung dari tingkat persaingan.

Biaya per klik iklan mulai dari 200 rupiah hingga ribuan.

Anda bisa memanfaatkan dua fitur ini agar barang yang Anda jual cepat laku. Jika anda tidak memiliki modal awal, Anda bisa melakukan peminjaman kredit di bukalapak.

Nantinya biaya pinjaman ini akan dipotongkan dari setiap penjualan barang.

Demikianlah Tata Cara Berjualan di Bukalapak agar segera laku dan laris manis. 

Untuk Anda yang serius ingin menggeluti dunia marketing online. Anda bisa mulai menabung dan berinvestasi untuk menaikan level ilmu Anda dalam berbisnis online.
Anda bisa mengikuti berbagai macam kelas bisnis online yang tersedia ➡ di sini.


Klik Untuk Komentar